Suara klik – klik keras pada mesin motor supra x 125 ,,, ini penyebab nya !!

0
5
views
Bagikan Ke:
Berbagi ilmu – Selamat siang gan, dari pada tidur siang mending ane pantengin blog dan nulis artikel nih, siapa tau bisa berguna buat pembaca setia. kali ini berdasarkan pengalaman juga nih gan, admin punya motor sebut saja supra x 125 R . motor setia yang menemani admin sejak kelas 3 smp hingga beranjak kuliah, namun sejak semester 3 admin sengaja gak bawa karena pengen tukeran aja sama matic punya adek, namun di suatu saat motor supra yang paling setia itu mengalami masalah pada mesin yang menyebabkan suara klik – klik keras hampir seperti suara traktor gan :v.

Suara klik - klik keras pada mesin motor supra x 125 ,,, ini penyebab nya !!

Nah anggap saja itu motor nya dan, namun yang punya admin itu supra x 125 keluaran pertama di dunia wkwkw, kronologi kejadian sii saat itu sedang di bawa oleh anak tetangga admin, entah kemana, terus pulang pulang kok suara klik klik keras sekali. admin kira itu karena rantai kecil nya kendor atau apa, tapi yang ini suaranya beda banget gan, kalau di pakai serasa lagi bawa traktor deh.

Lalu muncul dugaan baru lagi gan, mungkin oli nya habis, dan ternyata setelah tutup block mesin di buka,memang tak ada oli tersisa yang menempel pada indikator oli gan, nah saat itu juga admin beli tuh oli, merasa yakin kalau di kasih oli bakal normal lagi, admin semangat sekali gan, dan pada akhirnya oli baru pun di masukan ke dalam mesin dan tutup block kembali di tutup. stater kendaraan dan hasil nya ….???? tetap sama gan,tak ada yang berubah dari suara klik klik tadi.

Dan pada akhirnya di baw tuh motor ke bengkel resmi honda, niatnya mau bongkar mesin tuh motor, tapi mekanin bengkel iseng ganti tuh otomatis yang ada pada mesin dengan yang baru. setelah semua di ganti dan di pasang dengan benar, setelah hidupkan motor, mesin normal kembali dan suara klik itu hilang entah kemana. itu sekedar pengalaman admin saja gan.

Jadi kesimpulan nya, bagi anda yang memiliki motor khususnya honda supra x 125 jika mengalami hal serupa jangan buru buru di bongkar mesin nya, itu hanya akan membuat biaya perawatan semakin mahal, dan jika bengkel nya nakal pasti banyak onderdil yang harus di ganti padahal masih berfungsi dengan normal. usahakan ganti otomatis mesin terlebih dahulu dan jika masih tetap tidak normal, baru ikuti perintah mekanik harus di apakan itu motor. semoga berguna gan :v


HAPPY BLOGGING 

Sumber : KURNIA ADITAMA (STMIK AMIKOM PURWOKERTO)