Penyebab Dan Mengatasi Baterai Android Yang Boros

0
22
views
Penyebab dan mengatasi baterai android yang boros
Level battery image - Penyebab dan mengatasi baterai android yang boros
Bagikan Ke:
Mengatasi Baterai Android Yang Boros – Salah satunya, Streaming merupakan kegiatan dimana pengguna internet mengakses situs maupun aplikasi yang berisi video atau audio secara online. Dikatakan secara online sebab pengaksesnya diharuskan untuk terhubung dengan koneksi internet. Jika tidak, maka kegiatan streaming ini tak akan bisa berjalan sebagaimana mestinya.
Karena menggunakan koneksi internet, kegiatan streaming cenderung menghabiskan daya baterai lebih rakus. Oleh karenanya tak jarang beberapa pengguna smartphone, khususnya smartphone Android mengeluh akan masalah itu. Sebenarnya apa sih penyebab streaming boros baterai.
Penyebab Streaming Boros Baterai adalah berikut

Terlalu Sering Menggunakan koneksi jaringan 4G

Menonton streaming menggunakan koneksi 4G memang terasa cepat dan memungkinkan terhindar dari buffer (tertahan). Akan tetapi, faktanya koneksi 4G boros dalam mengelola daya baterai. Sehingga hal ini pun berakibat baterai smartphone menjadi cepat terkuras. Selain itu juga, memanfaatkan koneksi 4G secara terus-terusan akan mengakibatkan smartphone Android jadi cepat panas.

Terlalu Banyak Membuka Aplikasi di Latar Belakang

Kegiatan membuka aplikasi di latar belakang dikenal dengan istilah bahasa inggrisnya yaitu MultiTasking. Kegiatan ini merupakan salah satu kelebihan smartphone Android karena ia bisa melakukan banyak pekerjaan sekaligus dalam satu smartphone. Namun, meskipun begitu tetap saja terlalu banyak membuka aplikasi akan berdampak pada lambannya smartphone. Selain itu, banyaknya aplikasi yang dibuat juga akan membuat smartphone terpaksa harus bekerja lebih keras sehingga harus mengambil daya baterai lebih besar.

Baterai Yang Sudah berusia Lanjut dan Baterai Soak

Beterai yang masa pakainya sudah tua biasanya memiliki kemampuan yang mulai berkurang. Karena hal ini, jangan heran kalau daya baterai menjadi cepat habis. Selain masa pakainya yang tua, ada juga baterai soak yakni baterai yang memiliki kemampuan lemah dan tak kuat lagi untuk menampung daya listrik didalamnya. Dengan begitu, batera tua maupun soak sama-sama memiliki daya dan kemampuan yang mulai berkurang. Baterai soak bila tak segera diganti akan berbahaya kalau terus dibiarkan. Karena mungkin saja, akan memberikan dampak buruk pada smartphone Anda itu.

Adapun Cara Mengatasi Baterai Android yang Boros Saat Melakukan Streaming Baik Video maupun Audio adalah sebagai berikut.

Mengganti Mode jaringan 4G ke alternatif lain

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, koneksi 4G memang akan menjadikan baterai cepat habis. Oleh sebab itu, di sarankan untuk memilih metode lain dalam melakukan streaming di Internet. Adapun alternatif yang bisa digunakan ialah dengan menggunakan mode H+ (3G/H+). Dalam mode ini baterai Android tidak akan cepat habis namun sayangnya kecepatan akses pada mode ini akan berkurang drastis. Akan tetapi, tenang Anda juga bisa menggunakan alternatif lain yaitu WiFi. Alternatif ini sangat efisien dalam menghemat waktu dan baterai Anda, karena biasanya kecepatan akses internet melalui koneksi WiFi cenderung cepat selain itu juga, koneksi ini tidak rakus terhadap daya baterai smartphone.

Menutup aplikasi yang tidak perlu

Aplikasi yang tak perlu adalah aplikasi yang tak terlalu penting yang sedang berjalan dilatar belakang. Aplikasi ini jika terus menurus berjalan akan menguras daya baterai serta membebani kemampuan smartphone Android. Maka dari itu, direkomendasikan untuk menutup aplikasi yang tidak perlu itu. Caranya, bisa dengan menekan tombol tengah dalam beberapa detik. Setelah itu akan muncul aplikasi apa saja yang berjalan. Di sana Anda bisa menutup aplikasi dengan menggesernya ke kanan maupun ke kiri atau juga bisa dengan cara tekan dan tahan aplikasi mana yang berjalan lalu pilih hapus dari daftar.

Mengganti Baterai Kembung atau yang daya baterai bocor

Bila daya baterai cepat habis, itu berarti menandakan bahwa baterai itu dalam kondisi soak atau bocor. Pada kondisi ini baterai harus cepat-cepat diganti dengan yang baru agar tidak menimbulkan masalah pada smartphone Android Anda. Dalam, mengganti baterai lama dengan yang baru juga perlu memperhatikan poin-poin penting seperti merek, kapasitas, dan asli. Untuk mengganti baterai Anda disarankan untuk memilih merek yang sesuai dengan merek smartphone Anda. Tak hanya itu, kapasitas baterai juga harus sesuai dengan kemampuan atau spesifikasi smartphone. Jangan sampai kapasitasnya kurang atau bahkan lebih dari standar yang ditentukan.
Terakhir, periksalah keaslian baterai Anda. Karena meskipun mereknya sesuai dengan merek smartphone tidak menutup kemungkinan kalau merek itu hanyalah tiruan saja. Oleh karena itu, periksa dan telitilah dalam membeli baterai. Oh ya, untuk mengetahui standar kapasitas baterai agar sesuai dengan smartphone bisa Anda lihat di kotak yang didapatkan kala pembelian smartphone Android Anda.