Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer Windows

    2
    34
    views
    Bagikan Ke:
    Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer Windows – Menghapus file adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan pengguna komputer. Kegiatan ini kerap dilakukan untuk tujuan penghematan ruang memori atau jika di komputer namanya Hard disk. Hal yang dihapus berupa file atau berkas data. Misalnya file dokumen, file audio, file video, file aplikasi dan sebagainya.
    Dalam kondisi tertentu, kadang beberapa pengguna komputer tak sengaja menghapus suatu file, padahal file itu adalah file penting. Ya, hal ini wajar terjadi pada kita, karena sesungguhnya kita sebagai manusia tak luput dari kesalahan. Pengguna komputer baik pemula atau ahli sekalipun bahkan bisa saja tak sengaja menghapus suatu file.
    Ketidak sengajaan itu, tentu saja akan menimbulkan kepanikan yang bukan main. Apalagi file yang di hapus itu adalah file berharga yang bernilai tinggi. Tapi, sebaiknya Jangan terlalu khawatir dahulu. Pasalnya file yang tak sengaja Anda hapus itu mungkin saja masih ada dan tertampung aman di suatu tempat daur ulang yang di sebut Recycle Bin.
    Recycle Bin adalah sebuah fitur khusus yang di sediakan Microsoft Corporation untuk sistem operasi buatannya. Bagi Anda pemilik sistem operasi Windows, maka akan sangat beruntung karena ini merupakan sistem operasi buatan Microsoft yang disertakan fitur Recycle Bin. Selama masih adanya fitur ini di sistem operasi Windows Anda, maka setiap file yang dihapus secara manual seperti dengan menekan tombol del atau delete masih bisa dikembalikan secara utuh. Untuk cara pengembalian file yang terhapus itu pun sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu panjang. Jadi, Anda hanya dituntut untuk klik sana dan klik sini dan file terhapus itu pun akan kembali ke tempatnya semula.
    Ok, berikut ini adalah tutorial cara mengembalikan atau memulihkan file yang terhapus melalui fitur Recycle Bin. Ikuti langkah-langkah berikut dengan santai dan tenang. Jadi, kamu tak perlu terburu-buru ya.
    Tutorial Cara Mengembalikan File yang Terhapus melalui Recycle Bin

    1. Pastikan Anda Stand-by pada layar dasar Windows
    2. Buka Recycle Bin dengan cara mengklik ikon Recycle Bin dua kali

    3. Setelah itu akan terbuka Jendela baru dan Pada Jendela itu akan tampil beberapa file yang dihapus.

    4. Pilihlah file mana yang ingin dikembalikan, lalu klik kanan pada filenya dan pilihlah “Restore” untuk mengembalikan file itu pada lokasi semula.
    5. Selesai dan coba periksa di mana lokasi file itu.

    Itu tadi merupakan cara untuk mengembalikan file yang terhapus yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Pada dasarnya cara diatas memang merupakan cara yang sederhana namun yang jadi pertanyaan kenapa bisa file yang dihapus bisa dikembalikan lagi? Pada dasarnya file yang dihapus (dengan menekan tombol Del atau Delete) itu tidak menghapus file secara keseluruhan. Ia hanya memindahkan file pada sektor lokasi tertentu yang disebut sebagai Recycle Bin. Recycle Bin sendiri berarti tampungan daur ulang yang di mana menyimpan file terhapus untuk bisa dihapus permanen atau dikembalikan lagi.
    • kalau komputer nya udah di restart tapi file nya masih ada di Recycle Bin kayaknya masih bisa di restor ya gan

      • Iya itu panduan simplenya , beda lagi jika sudah terhapus di kedua tempat 😀