aplikasi android yang tak berguna

Ternyata ada beberapa aplikasi android yang tak berguna dan wajib dihapus. Penyebabnya bukan hanya karena aplikasi tersebut tidak penting, tetapi juga karena aplikasi tersebut membebani kinerja smartphone android kamu. Apa saja aplikasi itu?

Di samping itu, perangkat telepon pintar juga mempunyai kepasitas penyimpanan dan daya tahan baterai berdasarkan seberapa banyak aplikasi yang digunakan. Jadi aplikasi tersebut hanya buat beban di android.

5 Aplikasi Android Yang Tak Berguna

Cara tersebut dapat membantu dalam menghemat kapasitas penyimpanan, daya baterai dan kuota internet di android. Oleh sebab itu, seharusnya pengguna dapat memilah aplikasi mana saja yang diperlukan dan aplikasi mana yang sudah tidak diperlukan lagi. Berikut adalah lima aplikasi yang seharusnya dihapus di android

1. Facebook

aplikasi android yang tak berguna

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang sering dipasang di Android. Sebagian besar pengguna smartphone memang memiliki akun Facebook, tak heran jika banyak pengguna android yang memasang aplikasi tersebut. Padahal, aplikasi ini seharusnya tidak diperlukan atau dihapus dari Android.

Tak hanya memakan kapasitas ruang dalam android, pemberitahuan yang sering muncul dapat mengganggu pengguna Android serta memakan data internet. Ukuran file aplikasi ini mencapai 40 MB, selain itu banyaknya notifikasi yang selalu muncul akan menyebabkan memori internal penuh dengan cache.

Sebenarnya aplikasi Facebook juga dapat dibuka di browser yang ada di Android. Sehingga apabila pengguna ingin membuka akun Facebook, dapat melalui browser yang ada di android. Hal tersebut adalah cara agar dapat menghemat data internet, kapasitas ruang, dan menghindari pemberitahuan yang muncul dari akun Facebook. Sebagai alternatif, anda juga bisa menginstal aplikasi Facebook Lite yang lebih ringan dan tidak memakan banyak memori.

Baca Juga :  Trik Internet GRATIS ALL Operator Terbaru 2017 Work

2. Aplikasi Antivirus

aplikasi android yang tak berguna

Kedua adalah aplikasi Antivirus, sebenarnya anda tidak perlu menginstal aplikasi antivirus di Android. Sistem operasi Android yang sangat aman, membuatnya tidak mudah terkena virus. Aplikasi ini biasanya tersebar di Google Play Store dan umunya memiliki ukuran yang lumayan besar.

Antivirus biasanya akan menscan seluruh data yang ada di memori internal dan eksternal Android anda. Virus yang muncul di Android umumnya masuk melalui koneksi HP Android ke komputer atau laptop yang terinfeksi. Pun melalui aplikasi yang tidak aman dan tidak jelas sumbernya. Solusinya adalah dengan menginstal aplikasi yang ada di Google Play Store, karena sudah dijamin aman dari virus.

3. Aplikasi Bawaan Android

Aplikasi yang harus dihapus berikutnya adalah aplikasi bawaan, aplikasi yang dari awal sudah ada di dalam Android. Seperti halnya, google chrome dan browser lain. Aplikasi browser bawaan dapat memakan kuota data internet yang cukup besar.

Aplikasi bawaan yang terlalu banyak bisa diganti dengan aplikasi semacam Opera Mini, karena aplikasi ini lebih hemat ruang dan dapat digunakan untuk membuka Google, Gmail, Email dan browsing. Aplikasi ini juga mempunyai fitur untuk meminimalisir penggunaan data internet. Untuk menghapusnya memang berbeda dengan aplikasi terinstal. Lain kali akan saya jelaskan bagaimana caranya.

4. Aplikasi Cuaca

aplikasi android yang tak berguna

Aplikasi ini sebenarnya bagus untuk pengguna untuk mengetahui prakiraan cuaca setiap hari. Namun, aplikasi tersebut memakan cukup banyak daya karena adanya pembaruan berkala. Sebagai solusi, pengguna dapat menggunakan Google untuk mencari informasi terkait cuaca.

Baca Juga :  Pengertian Investasi Jangka Pendek Secara Lengkapnya

5. Facebook Messenger

Yang terakhir adalah aplikasi Facebook Messenger, jika anda mengunduh aplikasi Facebook otomatis anda akan disarankan untuk mengunduh Facebook Messenger. Aplikasi ini berfungsi untuk memberitahukan pesan masuk dari teman-teman anda di Facebook.

Jika memiliki aplikasi Facebook namun tidak memiliki aplikasi Messenger, anda tidak dapat membalas pesan yang masuk lewat Facebook. Padahal aplikasi ini sudah memakan banyak ruang di android. Berbeda jika anda membuka Facebook di browser atau opera mini, anda tidak perlu mengunduh Facebook Messenger untuk membalas pesan di Facebook.

Cukup dengan log in di browser, anda dapat sekaligus membuka Facebook dan Messenger tanpa khawatir dengan data internet dan kapasitas ruang yang tersedia di Android anda.

Akhir Kata

Itulah beberapa aplikasi android yang tak berguna. Setidaknya dengan begitu akan membuat smartphone android kamu jadi makin tanpa beban dan ponsel pintar kamu benar-benar pintar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here