Cara Menyembunyikan File Folder di Komputer Laptop

    0
    21
    views
    Bagikan Ke:
    Cara Menyembunyikan File Folder di Komputer Laptop – Menyembunyikan atau menghidden file maupun folder adalah suatu kegiatan yang di mana pengguna komputer menutup-nutupi file atau folder tertentu agar tidak dapat dilihat pada konfigurasi yang telah diatur. Kegiatan menyembunyikan file dan folder memang biasa dilakukan oleh beberapa pengguna komputer untuk alasan tertentu. Misalkan saja untuk alasan privasi. Alasan ini kerap dijadikan patokkan beberapa pengguna komputer yang ingin menyembunyikan file pribadinya. Tujuannya sendiri supaya orang-orang tidak boleh mengetahui apa-apa saja isi dari file atau folder yang di sembunyikan.

    Pada dasarnya menyembunyikan file ini memang sangat berguna terutama di saat seseorang hendak menyimpan dokumen penting yang mana tidak boleh sembarang pengguna komputer mengetahuinya. Oleh karena itu, fitur hidden file atau hidden folder umumnya hampir tersedia disemua jenis sistem operasi komputer. Tak terkecuali sistem operasi Windows (Vista, XP, 7, 8, 8.1, 10)
    Di sistem operasi Windows, umumnya pengguna bisa menyembunyikan file atau folder dengan mudahnya. Bahkan caranya itu tak perlu memasang perangkat lunak tambahan lagi sehingga tak perlu repot-repot untuk mendownload dan menginstal karena semuanya telah tersedia pada sistem operasi Windows itu sendiri.
    Oleh karena itu, mari langsung saja menuju tata cara tutorial menyembunyikan file agar tidak sembarang orang mengetahui atau melihat isinya. Mari simak ulasan berikut ini.

    1. Pertama-tama pastikan stand-by pada layar dasar desktop Windows Anda.
    2. Lalu buka Windows Explorer dengan mengklik (Mycomputer, This PC, atau sebagainya).
    3. Setelah itu, terbuka jendela baru dan di sampai disini, cari lokasi dimana file/folder objek yang hendak disembunyikan.

    4. Jika sudah ketemu file yang ingin disembunyikan, maka langkah selajutnya mengklik kanan pada file objek tersebut dan pilih properties.
    5. Lalu akan muncul jendela baru lagi dan di sini centang pada bagian “hidden”, Coba ikuti gambar di bawah ini.

    6. Setelah mencentangnya, klik saja ok.

    7. Dan… Akhirnya file itu pun akan mengilang seperti dihapus padahal sebenarnya tidak. File itu hanya tersembunyi dan tak dapat dilihat kecuali di atur lagi.

    Cara Mengaturnya Agar File Bisa Terlihat Lagi Seperti Awal
    Mengembalikannya file yang tersembunyi adalah hal gampang dilakukan, pasalnya Anda hanya perlu mengatur konfigurasi tertentu seperti berikut

    1. Ok, caranya itu ialah dengan mengklik bagian “Organize” yang ada di sudut kiri atas. Kemudian pilih “Folder and search options”.

    2. Setelah itu, terbuka jendela kecil baru dan di sana klik tab “View” dan klik pada bagian “Show hidden files, folders, or drives”. Lalu, klik “OK”.

    3. Selanjutnya, buka lokasi dimana file Anda tadi disembunyikan. Dan disana Anda akan mendapati file yang Anda sembunyikan tadi. Pada file tersembunyi itu umumnya dicirikan dengan tampilan yang agak transparan atau pudar. Jika sudah ada filenya, langsung saja klik kanan, pilih properties dan hapus centang yang tadi dibikin.

    4. Dan selesai.. file itu akan kembali seperti semula.

    Demikian informasi cara menyembunyikan file di komputer atau laptop Windows. Dengan adanya tutorial ini diharapkan dapat membantu Anda semua.