Cara Mengatasi Proses Komputer yang Tidak Bisa Dihentikan

    0
    25
    views
    Proses Komputer yang Tidak Bisa Dihentikan
    Bagikan Ke:
    Komputer terutama komputer yang bersistem operasi Windows terkadang terlalu banyak menjalankan proses (process) didalamnya. Bila ini terus dibiarkan maka akibatnya akan membuat komputer tersebut menjadi terasa berat, ngelag, macet bahkan mengeluarkan peringatan tidak merespon (not responding).
    Komputer
    Karena hal demikian pula, maka segala macam urusan seperti pekerjaan atau kegiatan Anda yang berkaitan dengan komputer akan menjadi terganggu. Dan hal ini tentu saja mengesalkan bukan? Akan tetapi tetaplah untuk tenang, pasalnya ada beberapa solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

    Salah satu solusinya tentu saja ialah dengan menghentikan proses (End Process) proses yang mengganggu tersebut. Akan tetapi yang lebih menyebalkan terkadang beberapa proses itu menolak untuk dihentikan bahkan setelah dihentikan ia malah mulai muncul, muncul dan muncul lagi sehingga ini akan terus memberatkan komputer itu sendiri.

    Setidaknya hal seperti inilah yang pernah saya alami. Waktu itu saya baru saja memasang perangkat lunak tertentu dan kemudian karena merasa tidak dibutuhkan lagi perangkat lunak tersebut saya hapus. Namun demikian, meskipun telah dihapus ternyata perangkat lunak tersebut masih menyisakan file-file exe (proses).

    Kemudian sontak saja file-file itu berjalan dilatar belakang menu proses komputer tanpa seizin saya sebagai pemiliknya. Karena tidak saya izinkan akhirnya saya pun bertindak untuk menghentikan proses itu dengan menggunakan fitur task manager Windows (Pengelola Tugas Windows). Dan apa yang terjadi ?

    File-file proses itu akhirnya berhenti namun beberapa detik kemudian rupanya ia mulai menjalankan dirinya kembali, kembali dan kembali. Ini membuat saya merasa tak habis pikir hingga kemudian muncullah ide untuk mengunjungi lokasi file itu dan memindahkannya (Cut) ke local disk D, sebelumnya berada di C:Program Filesfile-file-mengganggu. Niat saya memindahkan file itu tentu saja sebagai cara aman karena apabila saya hapus khawatirnya komputer saya nantinya akan jadi error.

    Pemindahan pun berhasil tetapi anehnya setelah dilihat di Task Manager rupanya proses file-file mengganggu itu masih saja berjalan. Kemudian saya kunjungi lokasi folder dimana file-file mengganggu itu berada melalui fitur Task Manager, dan ternyata isinya kosong. Karena kesal saya berniat menghapus folder itu akan tetapi ternyata folder itu tidak ditemukan karena ia disembunyikan. Saya pun akhirnya mendiamkan saja file-file mengganggu itu hingga beberapa bulan kemudian saya pun mulai teringat dengan cara-cara tertentu yang sebelumnya pernah saya praktikkan. Saya pun mencoba cara tersebut dan berikut inilah cara yang bisa Anda tiru untuk mengatasi file proses komputer yang tidak bisa dimatikan (dihentikan) atau juga membandel.

    Sebelum mempraktikkannya, sebaiknya periksalah terlebih dahulu bahwa file mengganggu yang sedang Anda alami itu adalah file aplikasi pihak ketiga yang tidak terlalu penting dan aplikasi itu sudah dihapus (uninstall). File-file yang dianggap penting seperti file sistem dari Microsoft Corporation, Driver dan lainnya sebaiknya tak usah Anda utak atik, karena apabila diutak-atik khawatirnya malah akan membuat komputer menjadi semakin bermasalah. Baiklah, ini caranya :

    Bukalah Menu Windows Explorer atau Mycomputer dan klik Organize (fokus pada gambar)
    Kemudian pilih dan klik Folder and search option dan masuk ke tab View.
    Lalu ikuti pengaturan seperti pada gambar berikut (centang dan tidak centang) Dan yang paling penting jangan lupa pilih “Show hidden files, folders, and drives”.
    Kemudian kunjungi lokasi dimana file proses itu berada dengan menggunakan Task Manager. Dan Wah, ternyata file-file mengganggu itu masih ada, padahal sebelumnya file itu sudah dipindahkan (Cut) ke local disk D. Sekarang Anda bisa memilih untuk menghapus atau memindahkan lagi file itu dengan cara di Cut (Gunting/potong). Disarankan untuk memindahkannya ke local disk D, karena apabila file itu merupakan file sistem yang penting maka kemungkinan besar Anda bisa mengembalikannya pada tempat asal (local disk c/bla…bla…) [Direkomendasikan]

    Tapi sebelum memindahkan atau menghapusnya, sebaiknya Anda harus menghentikan dahulu prosesnya dan secara cepat pindahkan atau hapus file-file tersebut. Dan lihatlah apakah file-file proses itu masih mengganggu !

    Itu tadi merupakan cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi file proses yang membandel saat hendak dihentikan.