Cara Jitu Menghapus Malware Virus Laptop dan Komputer

    0
    4
    views
    Bagikan Ke:
    Cara Jitu Menghapus Malware Virus Laptop dan Komputer – Malware adalah program jahat yang biasanya merusak, menjahili, mengganggu atau ada juga yang tak menimbulkan efek sama sekali. Meski demikian, tetap saja kehadiran malware tak boleh disepelekan begitu saja. Pasalnya, malware kebanyakan bersifat merusak dan mengganggu sehingga merugikan pengguna komputer alias korbannya.
    Malware termasuk program jahat yang memiliki beberapa jenis. Salah satunya adalah Virus. Adapun virus yang di maksud bukanlah virus yang menyerang makhluk hidup melainkan sejenis program jahat yang merusak dan mengganggu komputer atau perangkat korban.
    Akibat yang ditimbulkan virus beragam, mulai dari menggandakan file, menyembunyikan file, menghapus file, mengutak-atik pintasan, mengganggu program aplikasi, membuat komputer menjadi macet dan masih banyak lagi masalah lain yang berakibat merugikan.
    Tentu saja jika komputer atau flashdisk kita tersusupi virus maka akan sangat mengganggu. Dan siapa pun tak ingin bila komputer atau perangkatnya terserang oleh program jahat virus. Oleh karenanya sangat perlu dilakukan pencegahan agar virus tidak mudah masuk ke komputer atau perangkat sejenisnya.
    Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah masuknya virus. Beberapa diantaranya

    Menginstal Aplikasi/Software AntiVirus

    Aplikasi/Software AntiVirus adalah jenis program aplikasi yang bertindak untuk mengamankan komputer dari berbagai serangan program jahat seperti virus. Aplikasi jenis ini akan sangat membantu dalam mengusir virus agar tidak memerangi komputer Anda. Oleh karenanya sangat dan wajib rasanya untuk menginstal aplikasi AntiVirus di perangkat Komputer atau Smartphone Anda.

    Mengupdate Sistem Operasi

    Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang berfungsi mengelola perangkat keras dan perangkat lunak. Sistem operasi ada banyak mereknya dan masing-masing memiliki keamanan yang baik. Akan tetapi, karena yang membuat sistem operasi adalah manusia, maka tetap saja tak lepas dari kesalahan dan kekurangan. Kadang-kadang terdapat celah (lobang) yang memungkinkan manyusupnya program jahat ke dalam sistem operasi. Namun demikian, Anda jangan terlalu khawatir, karena selama ini tim dari sistem operasi masing-masing akan selalu menyediakan pembaharuan data secara berkala guna menambal lobang itu sehingga program jahat pun tak bisa menyusup lagi. Untuk mendapatkan pembaharuan sistem operasi itu, pengguna bisa melakukan update (pembaharuan) secara berkala.

    Tidak Mentransfer atau Download File Secara Sembarangan

    Transfer file adalah kegiatan memindahkan file dari perangkat satu ke yang lain. Sementara download file adalah kegiatan mengunduh atau mengambil data dari internet ke memori perangkat yang digunakan misalkan saja, komputer. Kegiatan ini memang sangat berguna, akan tetapi jangan terlalu mudah atau sembarangan dalam melakukannya. Karena jikalau tidak, risikonya bisa saja komputer akan terserang virus. Ini dikarenakan file yang Anda transfer atau download itu mungkin saja di dalamnya terdapat virus sehingga apabila dibuka maka virus itu pun akan menginfeksikan dirinya ke komputer korban. Agar terhindar dari risiko ini ada baiknya Anda harus selalu waspada dalam melakukan transfer atau download.
    Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengecek komputer teman Anda itu terserang virus atau tidak. Bila tidak terdapat virus, Anda bisa aman jika ingin transfer file. Adapun cara untuk mengeceknya ialah dengan memindai (scan) dengan aplikasi AntiVirus. Sedangkan jika ingin aman dalam mendownload file, Anda bisa melihat apakah situs web yang menyediakan file itu mencurigakan apa tidak! Salah satu situs yang mencurigakan biasanya ditandai tidak aman oleh beberapa aplikasi AntiVirus atau browser.

    3 Cara diatas merupakan cara mencegah masuknya virus. Namun jika Anda sudah terlanjur menjadi korban keganasan program jahat virus, maka langkah terakhir ialah dengan menghapus virus itu sebersih-bersihnya. Beberapa virus adakalanya mudah dibersihkan alias dihapus. Akan tetapi ada pula virus yang bersifat ganas yang tidak bisa dan sulit sekali di hapus. Bahkan ketika di format, virus itu masih saja tetap ada-ada dan ada. Karena kondisi ini sebagian orang merasa kesal sehingga rasanya ingin sekali membanting perangkatnya itu. Namun, jika Anda benar-benar korban virus komputer, sebaiknya jangan bawa emosi dahulu. Pasalnya, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghapus virus sampai akar-akarnya. Namun, tetap saja cara ini tak menjamin sepenuhnya apakah virus akan berhasil terhapus. Meski begitu, Tak ada salahnya bukan jika menggunakan cara ini. Cara ini tak mengharuskan Anda untuk menginstal aplikasi ini dan itu. Akan tetapi hanya perlu melakukan konfigurasi manual dan bisa langsung dihapus.
    Cara Menghapus Virus dari Laptop atau Komputer
    1. Pertama, buka Windows Explorer (My Computer atau This PC), lalu klik menu “Organize” di sudut kiri atas dan klik menu “Folder and search option“.
    2. Setelah itu, keluar jendela baru dan klik pada tab View dan ikuti konfigurasi seperti dibawah ini (centang sama seperti pada gambar). Jika sudah di centang kemudian klik “OK“.
    3. Jika sudah, coba buka lokasi dimana virus itu bersarang. Jika disana ada folder yang nampak transparan seperti gambar di bawah, kemungkinan besar folder itu merupakan folder tersembunyi “hidden folder“.

    Sekedar diketahui, Folder tersembunyi adalah folder yang tak terlihat/muncul jika Anda menggunakan komputer pada konfigurasi bawaan pada umumnya. Supaya folder tersembunyi dapat dilihat, maka perlu dilakukan pengaturan/konfigurasi seperti pada nomor 1 di atas.
    Jadi, dengan mengatur konfigurasi seperti yang telah disebutkan sebelumnya, maka folder beserta file tersembunyi akan muncul dan biasanya ditandai dengan latarbelakang “transparan“.
    Folder tersembunyi biasanya sengaja diatur oleh sistem operasi, program, program jahat, pengguna untuk tujuan tertentu. Misalnya bagi sistem operasi, menyembunyikan file untuk melindungi data penting sistem operasi agar tidak terhapus oleh pengguna. Kalau saja terhapus oleh pengguna komputer baik itu sengaja atau tidak, akibatnya sistem komputer akan jadi error. Oleh karena itu, jangan sembarangan dalam menghapus file.
    Program menyembunyikan folder untuk tujuan melindungi file program itu agar tidak terhapus oleh pengguna. Andai saja terhapus, mungkin program itu tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Oleh karenanya, jangan sembarangan dalam menghapus file.
    Sementara pada program jahat (malware & virus), menyembunyikan folder untuk menyembunyikan file virus & atau malware itu sendiri file agar tidak mudah dihapus korban. Selain itu virus juga bisa menyembunyikan folder atau file penting korban ke lokasi tertentu di memori atau Hard Disk komputer.
    Terakhir adalah pengguna/pemakai komputer. Pengguna komputer umumnya menyembunyikan file atas dasar privasi yaitu ia alasan yang dimana ia tidak menginginkan orang lain mengetahui file rahasia dia.
    Nah, setelah mengetahui apa-apa saja penyebab folder tersembunyi. Diharapkan agar Anda bisa dengan mudah mengikuti langkah selanjutnya. Ingat ini penting!!! Karena apabila salah dalam melakukan cara selanjutnya akibatnya komputer bisa jadi masalah.
    4. Perhatikan folder bersembunyi. Lihat nama folder, apakah tanpak mencurigakan seperti virus atau tidak. Lihat isi foldernya apakah isinya itu mencurigakan apa tidak. Jika itu benar-benar virus maka hapus. Namun bila itu adalah file sistem operasi, jangan dihapus. Adapun file sistem operasi biasanya memiliki ciri menonjol, yaitu ia memiliki sertifikat yang menandakan bahwa ia dibuat oleh “Microsoft corporation”. Anda bisa mengeceknya dengan klik kanan pada aplikasi yang dianggap “mencurigakan” lalu klik “properties” dan klik tab “Details”. Coba perhatikan contoh gambar berikut ini yang telah ditandai sebagai file sistem operasi dari Microsoft Corporation.
    Adapun virus biasanya memiliki nama aplikasi yang mencurigakan dan cenderung meniru-niru aplikasi populer untuk mengelabui pengguna agar tidak menghapusnya. Meskipun cenderung meniru, namun tetap saja virus umumnya tidak memiliki sertifikat yang menandakan bahwa ia itu aman.
    Demikian tutorial menghapus virus baik yang membandel ataupun yang tidak ditemukan. Dengan adanya tips ini diharapkan agar masalah virus bisa segera tersingkirkan dari komputer. Akan tetapi kalau sudah menggunakan cara diatas akan tetapi tetap tidak mempan. Ada baiknya menggunakan cara lain, yaitu dengan memasang program aplikasi atau software (perangkat lunak) AntiVirus. Dengan memasang program ini, virus yang ada di komputer kemungkinan besar bisa dikarantina atau mungkin dihapus. Sayangnya, tidak semua aplikasi AntiVirus mampu menghapus virus tertentu. Hanya AntiVirus canggih dan berbayar sajalah yang umumnya bisa menghapus virus dengan mudah.